Senin, 13 Maret 2017

Penting-Ini Nama-Nama Hari Kiamat dan Artinya Serta Penjelasannya!


Khazanah-Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini tidak ada yang tahu,bahkan rasulullah dan malaikat sendiri pun tidak tahu kapan hari kiamat itu pasti,yang jelasnya manusia yang masih hidup ini berusahalah beramal sholeh dan mematuhi perintah allah s.w.t dan menjauhi segala bentuk larangannya,karena hari akhir itu akan benar-benar terjadi. makanya kita sebagai umat islam harus meyakini adanya hari akhir yang terdapat dalam rukun iman yang keenam. nah untuk menambah ilmu pengetahuan dan menebal iman,berikut saya rangkum nama-nama hari akhir yang terdapat dalam al-qur'an beserta artinya.

1.Yaumul Akhir, artinya hari akhir. Terdapat dalam QS.Al-Baqoroh: 8 yang artinya: “Dan diantara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman“.

2.Yaumul Qiyamah, artinya hari kiamat. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam QS. Al-Baqoroh ayat 85 yang artinya: “Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang-orang yang berbuat demikian diantara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan“.

3.Yaumul Hasrah, artinya hari penyesalan. Allah berfirman dalam QS. Maryam: 39 yang artinya: “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus, sedang mereka dalam kelalaian dan mereka tidak beriman“.

4.Yaumul Ba’ats, artinya hari berbangkit. Sebagaimana telah disebutkan dalam surat Ar-Rum ayat 56 yang artinya: “…Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi (dahulu) kamu tidak meyakini(nya)“.

5.Yaumul Hisab, artinya hari perhitungan. Allah berfirman dalam QS. Sad:16 yang artinya: “Dan mereka berkata, “Ya Tuhan kami, segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan“.

6.Yaumu Diin, artinya hari pembalasan. Firman Allah dalam surat Al-Fatihah ayat 4 yang artinya: “pemilik hari pembalasan“.

7.Yaumul Haq, artinya hari yang pasti terjadi. Firman Allah dalam QS. An-Naba: 39 yang artinya: “Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya“.

8.Yaumul Jam’i, artinya hari berkumpul. Dalam QS. Asy-Syura’ Allah berfirman yang artinya: “Dan demikianlah Kami wahyukan Al-Qur’an kepadamu dalam bahasa Arab, agar engkau memberi peringatan kepada penduduk ibu kota (Mekkah) dan penduduk (negeri-negeri) disekelilingnya, serta memberi peringatan tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak diragukan adanya“.

9.Yaumul Khulud, artinya hari kekekalan. Allah berfirman dalam QS. Qaf: 34 yang artinya: “Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi“.

10.Yaumul Fasli, artinya hari keputusan. Firman Allah dalam QS.Ad-Dukhan: 40 yang artinya: “Sungguh hari keputusan (hari kiamat) adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya“.

11.Yaumul Wa’id, yang artinya hari terlaksananya ancaman. Dalam QS. Qaf: 20 Allah berfirman yang artinya: “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang diancamkan“.

12.Yaumul Khuruj, yang artinya hari keluar dari kubur. Allah berfirman dalam QS. Qaf: 42 yang artinya: “(Yaitu) pada hari (ketika) mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur)“.

13.Yaumu Taghabun, yang artinya hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan. Dalam QS. At-Taghabun: 9. Allah berfirman yang artinya: “(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kami pada hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan…”.

14.Yaumu Tanad, yang artinya hari panggil memanggil. Allah berfirman dalam QS. Al-Mu’min: 32 yang artinya: “Dan wahai kaumku!Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil“.

15.Yaumul Mau’ud, yang artinya hari yang dijanjikan. Allah berfirman dalam QS. Al-Buruj: 2 yang artinya: “Dan demi hari yang dijanjikan“.

16.Yaumul Fathi, yang artinya hari kemenangan. Allah berfirman dalam QS. As-Sajdah: 29 yang artinya: “Katakanlah, “Pada hari kemenagan itu, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan“.

17.Yaumul Kabir, yang artinya hari yang besar. Allah berfirman dalam QS. Hud: 3 yang artinya: “… Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat)“.

18.Yaumul ‘Asir, yang artinya hari yang sulit. Allah berfirman dalam QS. Al-Mudassir: 9 yang artinya: “Maka itulah hari yang serba sulit“.

Nah,inilah dia nama-nama akhir zaman beserta artinya. semoga bisa menambah ilmu dan ketaqwaan kita terhadap Allah S.W.T (sep/odn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar