Jumat, 28 Agustus 2015

5 Rumah yang Dijauhi Malaikat

[Khazanah]:Malaikat adalah makhluk ciptaan allah s.w.t yang di ciptaan dari Nur/Cahaya. Malaikat adalah makhluk ciptaan allah s.w.t yang taat dan patuh terhadap perintahnya. Malaikat juga memiliki banyak beberapa tugas yang di bebankan oleh allah untuknya.ada yang mengurus langit dan juga ada yang mengurus bumi. salah satu tugas malaikat ada yang datang ke rumah para kaum muslimin agar memberi rahmat kepada rumah tersebut. tetapi ada juga beberapa rumah yang dijauhi malaikat karena tidak sesuai dengan syariat islam. apa saja itu.

1.Malaikat tidak menyukai ada anjing,gambar,patung dan lonceng


Malaikat adalah makhluk suci. Rumah yang kebersihan nya tidak terjaga membuat rumah tersebut dijauhi oleh para malaikat, salah satunya adalah jika pemilik rumah memelihara anjing di dalam kediamannya. Rasulullah SAW bersabda, "Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, juga tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar atau patung." (HR. Ahmad)

Dalam Islam, memelihara anjing memang dilarang, kecuali diletakkan di luar rumah sebagai penjaga. Jika anjing berada di dalam rumah, najis pun akan terbawa ke dalam rumah yang membuat rumah menjadi kotor karena tidak terbebas dari najis. Kejadian ketidak hadirnya di dalam rumah dialami langsung oleh Baginda Rasulullah SAW. Ketika itu, malaikat Jibril pernah berjanji akan datang ke rumah Rasulullah SAW, namun malaikat Jibril tak kunjung datang. Rasulullah SAW bersabda, "Allah tidak mungkin mengingkari janji-Nya." Tetapi mengapa Jibril belum datang?

Ketika Rasulullah SAW menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril. Rasulullah SAW pun bertanya, "Mengapa Engkau terlambat, wahai Jibril?" Malaikat Jibril menjawab, "Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, gambar, atau patung." (HR. Muslim)

Membuat patung yang menyerupai ciptaan Allah SWT juga termasuk perbuatan yang dilarang dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda, "Siapakah orang yang lebih berbuat zalim selain orang yang bekerja membuat seperti ciptaan-Nya? Oleh karena itu, cobalah mereka membuat biji atau zarrah." (HR Muslim)

Dengan menyimpan patung di dalam rumah membuat rumah seakan mendukung pembuatan patung dan keduanya pula merupakan perbuatan yang dilarang Allah SWT. Rumah seperti ini tentunya akan dijauhi oleh para Malaikat.

2.Malaikat tidak menyukai rumah yang beraroma tidak sedap dan kotor


Selain Rumah yang kotor, rumah yang berbau tidak sedap juga akan dijauhi oleh malaikat. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang memakan pohon yang tidak sedap ini? Janganlah mendekati masjid kami. Sesungguhnya, malaikat akan merasa sakit karena aromanya seperti halnya manusia." (HR Muslim).

3.Malaikat tidak menyukai rumah yang tidak pernah ada orang yang membaca Al-Qur'an


Selain faktor kebersihan, rumah yang akan dijauhi malaikat adalah rumah yang penghuninya tidak pernah membaca ayat suci Al-Qur'an. Rasulullah SAW bersabda, "Sinarilah rumah-rumah kamu sekalian dengan shalat sunnah dan bacaan Al-Qur'an." (HR Baihaqi)

Rumah yang penghuninya jarang membaca Al-Qur'an membuat rumah seakan menjadi kelam, dijauhkan dari rahmat Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca kitab Allah (Al-Qur'an) dan mempelajarinya, melaikan ketenangan jiwa bagi mereka. Mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat. Dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para malaikat yang ada di sisinya." (HR Muslim)

Bahkan yang membaca Al-Qur'an secara terbata-bata juga mendapatkan rahmat Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang pandai membaca Al-Qur'an akan ditempatkan bersama kelompok para malaikat yang mulia dan terpuji. Adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapat 2 pahala." (HR Bukhari).

4.Malaikat tidak menyukai istri yang tidak mau melayani Suami


Nabi SAW bersabda, “Apabila seorang istri bermalam meninggalkan atau menjauhi tempat tidur suaminya maka malaikat akan melaknatnya sampai pagi.” (HR. Muslim)
Dikhawatirkan, jika seorang istri menolak ajakan suaminya, maka suami akan kehilangan cintanya dan melakukan perbuatan zina, perbuatan yang termasuk dalam dosa besar.

Rasulullah SAW bersabda, "Hak seorang suami adalah istri tidak boleh keluar dari rumah, kecuali dengan izinnya. Jika istri melakukannya, maka Allah SWT, malaikat rahman, dan malaikat kemarahan akan melaknat hingga ia bertobat." (HR Abu Daud)

Jika seorang istri meminta izin kepada suami, tentunya suami akan memberi izin jika dianggapnya aman bagi istrinya. Ketika suami merasa kurang aman bagi istrinya, sang suami akan mencoba menemaninya. Ajaran Islam tidak bermaksud mengekang kaum perempuan, khususnya para istri. Islam hanya mengatur etika berumah tangga agar terjadi keharmonisan menyertainya.

Malaikat tidak Menyukai Rumah yang Didalam terdapat orang Pelit/Bathil


Rasulullah SAW bersabda, ”Tidak satu hari pun ketika seorang hamba melalui hari itu kecuali dua malaikat turun kepadanya. Salah satunya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang-orang yang berinfaq.’ Sedangkan yang lainnya berkata, ‘Ya Allah hancurkan orang yang kikir.’” (HR Bukhari)

Malaikat tidak menyukai orang bakhil, karena Allah yang Maha Pengasih juga mengecam perilaku bakhil. Allah adalah sumber rezeki bagi semua makhluk. Allah memberi fasilitas hidup kepada manusia dan semua makhluk-Nya tanpa minta balasan.

Oleh karenanya, Allah sangat tidak suka manakala ada manusia suka menahan harta bagi orang yang membutuhkan. Maka, keberuntungan yang besarlah bagi mereka yang senantiasa menafkahkan rezekinya pada jalan Allah karena doa malaikat itu. Sebaliknya, celakalah bagi mereka yang kikir karena malaikat mendoakan buruk bagi mereka.

-Khazanah-
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar